TWRP Mod 3.0.0.0

10:37:00 AM
TWPR Mod 3.0.0.0 Xiaomi Redmi 2 / 2 Prime Kitkat Lollipop Marshmallow - Di kesempatan kali ini saya akan share cara instal TWRP Mod yang support untuk MIUI dan Cyanogenmod yang berbased Kitkat Lollipop dan Marshmallow baik yang instal karena ingin di ganti dari Recovery bawaan ke TWRP maupun yang pingin Update TWRP dan yang Recovery / TWRPnya hilang.

Mungkin alangkah baiknya saya bahas sedikit mengenai fungsi dari TWRP itu untuk apa, kalo di leptop / pc twrp itu mirip seperi Bios dan fungsinya adalah untuk melakukan update / upgrade / instal rom baik rom official maupun rom oprekan / modifan (custom rom) penmabahan fitur dan aplikasi seperti Root, Xposed, Dolby Atmos, Tweaks, Custom Tema dan lain-lain yang pastinya sangat berguna buat yang suka otak-atik Xiaominya.

http://wsazone01.blogspot.com/2016/06/twrp-mod-3000.html

Ok kita langsung saja ke tutorialnya, di sini untuk proses instal twrpnya saya menggunakan 4 metode, menyesuaikian kebutuhan teman-teman sekalian, mulai dari instal via Recovery bawaan, TWRP (bagi yang sudah instal twrp), Fastboot dan Aplikasi Rashr.


Download dulu bahan-bahanya :

Untuk Instal Via Mi Recovery (hanya untuk MIUI Kitkat) 
@ update.zip (include twrp 2.8.7.2)

Untuk Instal Via TWRP
@ HM13_TWRP3.0.0.0 Kumajaya Mod 20160419 by Rivv.zip
  
Untuk Instal Via Fastboot
@ MiPC Suite (driver penghubung antara hp dan pc)

Untuk Instal Via Aplikasi Rashr (butuh akses root)
@ Rashr.apk (instal seperti biasa)
Recomend file-file di atas jangan taruh di dalam folder agar mudah nanti cari filenya, bisa di taruh di penyimpanan internal maupun sdcard.

Langkah-langkahnya instalasinya : 


Via Mi Recovery
1. Matikan konksi Internet. 

2. Buka aplikasi "Settings" atau "Updater"
*untuk buka aplikasi  Settings > About phone > System Update > Klik ikon titik - titik 3 yang ada di Pojok Kanan Atas > Choose update package > lalu pilih file update.zip (twrp) yang sudah anda download tadi dan secara otomatis hpnya akan reboot dan mengeksekusi file update.zip nya.
*untuk buka aplikasi Updater > Klik ikon titik - titik 3 yang ada di Pojok Kanan Atas > Choose update package > lalu pilih file update.zip (twrp) yang sudah anda download tadi dan secara otomatis hpnya akan reboot dan mengeksekusi file update.zip nya.

3. Setelah proses di atas selese sekarang kita Masuk ke TWRP untuk melakukan proses instalasi selanjutnya dengan cara, Matikan hp lalu tekan Tombol Volume Atas dan Bawah secara bersamaan setelah itu pencet juga Tombol Power, setelah hp mulai hidup lepas tombol powernya tapi jangan lepaskan tombol volumenya tahan terus ± 7detik, maka secara otomatis akam masuk ke TWRP.

4. Di TWRP pilih Install > Select Storage (pilih dan cari letak file TWRP Mod yang sudah di download tadi apakah di penyimpanan internal atau sdcard) jika sudah ketemu pilih "Swipe to confirm Flash" dan prosesnya instalnya akan segera berjalan klo sudah selese pilih "Reboot System" dan coba masuk ke twrp lagi, kalo twrpnya berubah jadi twrp mod berarti berhasil instalnya.

5. Dan instalsi pun selesai.


Via TWRP
1. Masuk ke TWRP untuk melakukan proses instalasi selanjutnya dengan cara, Matikan hp lalu tekan Tombol Volume Atas dan Bawah secara bersamaan setelah itu pencet juga Tombol Power, setelah hp mulai hidup lepas tombol powernya tapi jangan lepaskan tombol volumenya tahan terus ± 7detik, maka secara otomatis akam masuk ke TWRP.

2. Di TWRP pilih Install > Select Storage (pilih dan cari letak file TWRP Mod yang sudah di download tadi apakah di penyimpanan internal atau sdcard) jika sudah ketemu pilih "Swipe to confirm Flash" dan prosesnya instalnya akan segera berjalan klo sudah selese pilih "Reboot System" dan coba masuk ke twrp lagi, kalo twrpnya berubah jadi twrp mod berarti berhasil instalnya.

3. Dan instalsi pun selesai


Via Fastboot
1. Instal MiPc Suite, setelah terinstal restart pc.

2. Ekstrak TWRP Mod Fastbootnya, setelah di ekstrak buka foldernya di dalm foder tekan tombol Shift  + Klik Kanan di Mouse/touchpad dan pilih Open Comand Windows Here maka akan terbuka jendela Command Prompt/CMD seperti gambar di bawah ini.

http://wsazone01.blogspot.com/2016/06/twrp-mod-3000.html

3. Matikan hpnya dan boot/masuk ke TWRP denga cara Tekan Tombol Volume Bawah (-) dan Power kurang lebih 5 detik sampai muncul Gambar Android Di Perbaiki dan konekan hp dengan pc menggunakan Kabel Data dan tunggu beberapa saat samapi driver hp terinsatal di pc secara otomatis.

4. Di jendela Command Promt/CMD ketikan fastboot devices jika muncul tulisan (sebagai contoh) e200cc607d02   fastboot maka hp sobat terditeksi oleh pc.

5. Dan tulis lagi fastboot flash recovery recovery.img jika instalasi berhasil akan muncul seperi gambar di bawah ini.

http://wsazone01.blogspot.com/2016/06/twrp-mod-3000.html

6. Untuk mengecek apakah sudah berhasil atau belum, matikan hp dengan cara melepas baterai  dan masuk ke TWRP.

7. Dan instalasi pun selesai.


Via Aplikasi Rashr (butuh akses root)
1. Instal dan buka aplikasinya seperi biasa.

2. Di halaman utama applikasi pilih Recovery from Storage (di sini saya menaruh file recover.img nya di sdcard) lalu pilih /storage/emulated/   >   /storage/   >   sdcard/   > dan cari file recovery.img nya kalau sudah ketemu klik filnya dan akan ada popup pilih Yes, stelah itu jika mucul tulisan partition flased maka instalasi sukses, tinggal pilih Yes untuk masuk ke twrp untuk mengeceknya.

3. Dan instalsi pun selesai

Perhatian!!!
Untuk Upgrade ke MIUI 8 bisa liat tutorial berikut Upgrade MIUI 8
Untuk yang tidak tau Device Id / Ekor hpnya bisa liat tutorial Cara Mengetahui Device Id Xaomi Redmi 2 Series


Di Uji oleh Saya Sendiri Di Xiaomi Redmi 2 dan 2 Prime (MIUI 7.1 - 7.3 Kitkat Lollipop Device Build 2014817 & 2014811)

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

9 komentar

Write komentar
bas
AUTHOR
August 31, 2016 at 6:56 PM delete

Gan itu untuk Ekor berapa aja.?
#fast respond

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
August 31, 2016 at 7:27 PM delete

Buat ekor 11, 17, 13 gan

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
March 8, 2017 at 2:12 AM delete

buat miui lollipop yg mana gan(fast respon)

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
March 9, 2017 at 6:26 AM delete

Buat lolli paling enak pk cara yg via Fastboot.

Reply
avatar
SvssTelly
AUTHOR
March 27, 2017 at 12:10 AM delete

klu guna twrp boleh ya gan lollipop punya....(Fast respone)

Reply
avatar
bas
AUTHOR
May 5, 2017 at 10:45 PM delete

Min kok ga bisa Masang twrp.??? Posisi Ekor 17, KitKat. Mau instal twrp lewat via mi recovery

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
May 6, 2017 at 7:08 PM delete

Kitkat ente pake yg terbaru mungkin, dulu pas ane cba pake kitkat 7.3 kebawah, klo udah ngikutin tutor dan versi kitkatnya sesai pasti bisa unuk versi kitkat yg terbau blm ane cba si

Pk yg via pc pasti work.

Reply
avatar
kang dadang
AUTHOR
March 9, 2021 at 10:26 PM delete

saya bingung gan di redmi 2 saya tidak diketahui ekor berapa,, no IMEI yg terbaca di sistem ketika di tekan *#06# juga berbeda dengan yg ada di stiker,ketika dibongkar di main board tertulis 86047
kira2 instal twrp yg ekor berapa ya? Klo misal instal twrp yg gak sesuai ekor apakah bisa menyebabkan bootlop?

Reply
avatar